Association of Central Sulawesi English Debaters

DASAR PEMIKIRAN

Di era demokrasi dan kompetensi saat ini, perubahan, tantangan serta perkembangan dari segala aspek baik dari politik, ekonomi, maupun sosial – budaya sangatlah menuntut peran aktif atau keterlibatan dari kalangan muda. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh predikat yang disandang sebagai penerus perjuangan bangsa tetapi lebih kepada intuisi serta semangat tinggi yang dimiliki sehingga diharapkan mampu membawa perubahan yang signifikan bagi perkembangan bangsa.

Tuntutan penguasaan bahasa inggris sebagai Media Komunikasi Internasional telah menjadikannya sebagai suatu standar dalam memasuki Era Kompetensi Global, sementara itu di satu sisi, beberapa tahun belakangan ini bahasa inggris malah merupakan salah satu pelajaran yang menjadi momok dikalangan remaja atau siswa. Bukan dikarenakan oleh tingkat kesulitan yang dmiliki, tetapi lebih karena disebabkan oleh kurangnya media dalam peningkatan kemampuan serta minat yang kemudian menjadi salah satu faktor lemahnya kemampuan siswa atau remaja dalam bahasa inggris khususnya dalam berkomunikasi.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah telah dengan begitu bijaknya menyelenggarakan event – event yang diharapkan mampu merangsang minat dan bakat para generasi muda untuk dalam penguasaan Bahasa Inggris. Kompetisi Debat Bahasa Inggris merupakan salah satu event yang cukup membuahkan hasil, namun di sisi lain kita tidak dapat memungkiri bahwa ternyata di Sulawesi Tengah pada khususnya event tersebut belum begitu tersosialisasikan dengan baik dan bahkan belum mampu memberikan menunjukan hasil yang cukup signifikan dalam merangsang generasi mudanya. Hal ini dikarenakan masih belum terdapatnya suatu media yang secara kontinyu dan berkesinambungan dalam yang bergerak dalam pemberdayaan Debat Bahasa Inggris tersebut pada khususnya. Sehingga dalam  menyahuti kompetisi Debat Bahasa Inggris yang menjadi program tahunan di tingkat SMU maupun SMK. Maka, sangatlah penting untuk membuat sebuah media yang mampu menjadi motor penggerak baik dalam peningkatan kemampuan berkomunikasi dan berdebat dengan menggunakan bahasa inggris maupun sebagai media pemberdayaan dalam upaya meramaikan suasana bahasa inggris di Sulawesi Tengah secara umum.

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Untuk lebih memperkenalkan Debat Bahasa Inggris dikalangan siswa maupun masyarakat secara umum, khususnya dalam menghargai perbedaan, berpikir kritis, serta olah kemampuan.
  2. Sebagai media bagi generasi muda untuk mengartikulasikan ide – ide yang mereka miliki.
  3. Sebagai media bagi siswa untuk mampu menganalisa berbagai macam isu / permasalahan secara kritis.

DESKRIPSI

A. NAMA

Organisasi ini dibentuk dan diberi nama ASSET ( ASSOCIATION OF CENTRAL SULAWESI ENGLISH DEBATERS )

B. TEMPAT

Komunitas ini berlokasi atau memiliki sekretariat di Jl. Teluk Tomini No. 64, Palu – Sulawesi Tengah.

C. KEANGGOTAAN

Mereka yang tergabung di dalam komunitas ini adalah para Ex Debater dan atau mereka yang berkecimpung di English Debate itu sendiri.

D. AKTIFITAS ORGANISASI

1. PELATIHAN DAN PEMBINAAN

a. Pelatihan

Pelatihan yang diselenggarakan berdasarkan atas kerja sama instansi ataupun lembaga pendidikan lainnya, seperti : Sekolah, Kabupaten/ Kota dan Dikjar Propinsi Sulawesi Tengah. Dalam hal ini pihak ASSET sebagai pelaksana dan pihak – pihak yang mengundang selaku penyelenggara. Pelatihan yang diselenggarakan oleh ASSET berbentuk:

1)     Paket Tri in One ( Per Triwulan + Simulasi Tournament )

2)     Seminar ( Pelatihan 3 hari yang dipaketkan dengan evaluasi berupa Simulasi Tournament dengan para peserta )

b. Pembinaan

Pembinaan yang diselenggarakan oleh ASSET diklasifikasikan menjadi :

1)     Pembinaan Permanent ( berkelanjutan )

Pembinaan permanent diberikan kepada para pedebat yang telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh ASSET sebelumnya dan mendaftarkan/didaftarkan sebagai anggota ASSET. Pembinaan permanen dilaksanakan melalui serangkaian aktifitas seperti Klub maupun Pembinaan Khusus lainnya, seperti : Training for Trainer, Training for Tournament Directors, Training for Adjudicators, dsb.

2)     Pembinaan Temporer

Pembinaan Temporer diperuntukan bagi mereka yang belum terdaftar/tidak berkenan menjadi anggota ASSET tetapi berkeinginan untuk mendapat pemahaman mengenai Debat Bahasa Inggris. Pembinaan ini berupa Layanan Konsultasi.

2. PENYELENGGARAAN ENGLISH DEBATE CONTEST

Selain sebagai penyelenggara kegiatan pelatihan ASSET juga merupakan event organizer perlombaan debat. Para anggotanya terlatih untuk menjadi tournament director atau yang disebut sebagai pengatur/ pengarah lomba. Pertandingan yang diselenggarakan berdasarkan atas kerja sama instansi ataupun lembaga pendidikan lainnya, seperti : Sekolah, Kabupaten/ Kota dan Dikjar Propinsi Sulawesi Tengah. Dalam hal ini pihak ASSET sebagai pelaksana dan pihak – pihak yang mengundang selaku penyelenggara.

3. PENJURIAN LOMBA

Para dewan pendiri ASSET merupakan mereka yang telah berpengalaman dalam penjurian berbagai Kompetisi Debat Bahasa Inggris baik di Tingkat SMU maupun SMK pada berbagai tingkatan lomba baik Kota Palu maupun Propinsi Sulawesi Tengah. Para anggota junior ASSET pun mendapat pelatihan penjurian debat bahasa inggris sehingga apabila telah mencukupi standar akreditas juri dapat terjun langsung ke lapangan untuk membantu dalam penjurian.

Posted on 16 September 2010, in DEBATES. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: