Gagal

Berbicara tentang gagal…

Kesedihan berkecamuk yang menjadikan kita trauma adalah dimulai dengan saat ketika kita mengingat bagaimana kita memulainya dan bagaimana ketika kita menjalaninya. Mengingat tentang betapa beratnya perjuangan yang harus kita hadapi ketika kita hendak meraihnya dan mengingat pula betapa liku rintangan yang kita lalui selama menjalaninya. Dan lalu kita pun tersadar bahwa semuanya harus diakhirkan dalam suatu bentuk proses evaluasi yang kita taklimatkan sebagai kegagalan.

Berbicara tentang kegagalan…

Betapapun kita seringkali terlupa bahwa hidup ini adalah siklus, setiap kali ada awal maka pasti ada akhirnya dan sebaliknya, untuk memulai sesuatu yang baik terkadang kita harus mengakhirkan sesuatu yang tidak layak. Dan karenanya kegagalan adalah suatu bentuk implementasi dari evaluasi menuju kebaikan. Namun, itu semua jikalau kita mau membuka diri dan belajar dari setiap langkah yang pernah kita buat dan tidak mentakwilkan bahwa semuanya telah berakhir.

Dan kemudian yang menjadi segala sumber kebangkitan kita adalah Allah SWT…

dan bahwa hanya DIA lah yang tidak memiliki akhir ataupun awal, sedang kita berotasi dalam suatu siklus sehingga kita dapat menerima kenyataan bahwa untuk memulai sesuatu kita harus mengikhlaskan sesuatu untuk diakhiri…

dan bahwa janji-Nya lah yang nyata dan bisa dipegang, bahwasannya beban/permasalahan yang kita pikul adalah sesuai dengan kadar kita masing-masing dan karenanya Insya Allah hanya kitalah yang tahu bagaimana cara menyelesaikan permasalahan itu.

dan bahwa setiap jerih payah usaha yang kita laksanakan akan mendapat balasan yang sepantasnya, sekadarnya dan seadilnya dari Allah SWT.

Maka berbicara tentang gagal…  Hanya merupakan suatu fase hidup yang bila kan kita jalani dengan penuh keikhlasan dan rasa bangga untuk memperbaiki diri, akan menjadikan kita hamba Allah yang paling beruntung di Dunia maupun akhirat. Amin Insya Allah…🙂

Posted on 2 Juni 2012, in DAILY JOURNAL. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: