Lelah Otak, Singkirkan dengan Cara Ini

171841_latihan-yoga_663_382VIVAlife – Sebuah penelitian dalam British Journal Sports Medicine mengatakan bahwa kafein bukan satu-satunya jalan keluar untuk menghalau kelelahan, terutama kelelahan otak. Ada cara lain untuk mendapatkan kembali ketenangan pikiran.
“Beralih dari hiruk pikuk kota menuju arena hijau atau taman, ternyata dapat menurunkan level stres,” kata salah satu peneliti dari University of Edinburgh, Richards Coyne, PhD seperti dikutip dalam Womens Health. Namun, taman juga bukan satu-satunya jalan segarkan mental, Coyne juga menyarankan Anda untuk melakukan beberapa trik ini:
Pikirkan kebahagiaan
Fokus pada hal-hal indah ternyata dapat membantu turunkan tingkat stres. Dengan demikian, bagian otak seperti amigdala dan korteks pre frontal dapat kembali menjalankan tanggungjawabnya sebagai pengantar informasi.
Cek YouTube
Untuk menyegarkan pikiran, Anda dapat melirik situs YouTube. Sebuah penelitian mengungkap, menonton sesuatu yang bersifat humor memberi efek menenangkan otak.
Video dalam situs ini tak hanya dapat membuat Anda tertawa, tapi juga meningkatkan motivasi yang mengarah pada penurunan stres. Sehingga otak dapat mengambil alih kembali kontrol mental. Para ilmuan menyarankan Anda untuk meluangkan waktu sekitar dua menit setiap harinya untuk menonton video seperti ini.
Salurkan hobi

Seberapa sibuknya Anda, luangkan waktu untuk menyalurkan hobi. Ini cara ampuh mengatasi lelah otak. Saat melakukan hal yang menyenangkan, tubuh akan mengalirkan senyawa dopamin. Senyawa yang mengirimkan kesenangan yang menyingkirkan stres. (sj)

Source : http://life.viva.co.id/news/read/403226-lelah-otak–singkirkan-dengan-cara-ini

Posted on 7 April 2013, in HEALTH. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: